Sains

Sabtu, 22 November 2014

Tendangan Pisang dalam Fisika

Pernahkah Anda mendengar tentang tendangan pisang?Tendangan pisang merupakan tendangan andalan para pesepakbola papan atas. Tidak seperti tendangan pada umumnya, tendangan pisang arahnya melengkung sehingga ampuh dalam menjebol gawang lawan.
Bagaimana mekanisme dari tendangan pisang itu sendiri ?

Ketika Beckham melakukan freekick, Becham menendang bola sedikit dibawah pusat berat bola dengan  ujung sepatunya (Gb.2). Tendangan  model ini akan membuat bola melambung sambil berputar (spin). Ketika bola bergerak, aliran udara mengalir berlawanan arah dengan arah gerak bola. Putaran atau spin bola akan mempercepat aliran udara di daerah A dan memperlambat kecepatan aliran udara di daerah B sehingga kecepatan udara di daerah A lebih besar dibandingkan dengan kecepatan udara di daerah B (Gb.3).

Sumber gambar : Anneahira.com


Sumber gambar : Anneahira.com

Penjelasan hukum Fisika (Prinsip Bernoulli) yakni  aliran udara yang bergerak lebih cepat, tekanan udara nya lebih rendah, perbedaan tekanan udara antara daerah A dan daerah b akan menimbulkan gaya tekanan yang arahnya dari B ke A. Nah, apa akibatnya? gaya tekanan ini akan membuat lintasan bola membelok/melengkung.

Sumber :
http://www.anneahira.com/tendangan-pisang.htm diakses pada 24 November 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar