Sains

Senin, 24 November 2014

Bagaimana Mematangkan Buah ?

Sumber gambar: remywright.blogspot.com 

Kebanyakan buah-buahan dimakan dalam keadaan mentah setelah masak secara sendirinya. Tetapi banyak juga buah-buahan yang dimasak, dikeringkan, dikalengkan, dibekukan, diperas menjadi jus, dijadikan kue, digunakan sebagai perasa makanan lainnya, serta dijadikan selai dan agar-agar. Namun ada juga, jenis buah-buahan misalnya ceri masam, yang harus dimasak terlebih dahulu. Tapi terkadang seringkali, buah-buahan yang kita beli belum cukup matang untuk dimakan. Lantas, apa yang harus kita lakukan ? Mari kita lakukan eksperimen berikut ini sobat sains !

Yang kamu perlukan dua mangga yang belum masak, kantung kertas, serta lemari es. Selanjutnya yang kamu lakukan adalah tempatkan salah satu buah mangga yang belum masak didalam laci lemari es bersama bahan-bahan lainnya selama satu atau dua hari. Tempatkan satu buah mangga lainnya didalam kantung kertas dan tututplah erat-erat. Simpanlah kantung itu ditempat yang tidak terganggu, misalnya di atas lemari. Biarkan selama satu atau dua hari. Selanjutnya, cicipi rasa masing-masing buah mangga tersebut.

Sumber gambar : downloadkoleksigambargratis.com

Sumber gambar : cetaktaskertas.wordpress.com

Setelah kamu mencicipi masing-masing buah mangga tersebut, yang kalian rasakan adalah buah mangga yang disimpan di dalam lemari es semakin masak, tetapu rasanya tidak cukup enak. Sedangkan buah mangga didalam kantung kertas semakin masak dan lebih manis rasanya dibanding mangga yang disimpan didalam lemari es.

Hal itu dapat terjadi karena, didalam kantung kertas , kamu memerangkap dan mengkonsentrasikan hormon gas etilen yang secara alami timbul dari buah mangga tersebut. Gas inilah yang mempercepat pematangan buah-buahan. Disisi lain, didalam lemari es, gas etilen yang dihasilkan oleh buah mangga dibagi bersama bahan-bahan lainnya yang disimpan dilemari es.

Sumber :
Prof. Wahyudin, dkk.2009.99 Percobaan Sehari-hari.Jakarta: Armandelta Selaras



Tidak ada komentar:

Posting Komentar