Sains

Senin, 24 November 2014

Mengapa tidak makan terigu mentah ?


Sumber : food.detik.com

Terigu adalah tepung yang sangat halus yang dibuat dari gandum atau biji-bijian sejenisnya. Tetapi kita tidak dapat memakannya mentah-mentah. Mengapa ? Mari kita lakukan eksperimen berikut ini sobat sains !

Yang kamu butuhkan adalah 1 sendok makan gula, 1 sendok makan terigu, serta 2 gelas air dingin.
Yang kamu lakukan pertama kali adalah  mengaduk gula didalam salah satu gelas yang telah diisi air dingin setengah penuh. Kemudian aduklah juga terigu pada satu gelas yang lainnya
Yang terjadi adalah gula menghilang dari pandangan, sedangkan terigu tidak.

Mengapa hal ini terjadi? Karena gula larut dalam air. Butiran-butiran terigu terlalu besar untuk larut dalam air. Saat kamu mengaduk terigu dan air, kamu memperoleh adonan terigu yang bergumpal dalam air. Saat kamu mengunyah makanan, sebelum kamu menelannya, air liur bekerja untuk membantumu mencerna makanan. Molekul-molekul gula terpisahkan dan segera bercampur dengan air liur.

Namun demikian, terigu tidak larut dan bergumpal-gumpal juga dalam air liur, seperti halnya dalam segelas air. Dinding sel-sel tumbuhan yang keras disekeliling butiran terigu menyebabkan molekul-molekul zat tepung tidak dapat keluar. Tidak ada yang dapat masuk kecuali setelah dinding itu pecah baik itu air yang diperlukan untuk melunakan zat tepung maunpun enzim-enzim yang diperlukan untuk mencernanya. Panas memecahkan dinding itu, itulah mengapa terigu perlu dimasak lebih dulu sebelum dapat dimakan.

Sumber :
Prof. Wahyudin, dkk.2009.99 Percobaan Sehari-hari.Jakarta: Armandelta Selaras

Tidak ada komentar:

Posting Komentar