Sains

Sabtu, 22 November 2014

Bolehkah kita meminum air laut saat haus ?

Sumber gambar : http://3.bp.blogspot.com/

Pernahkah kalian melihat adegan-adegan film, dimana saat si tokoh terdampar disuatu pinggir pantai pulau terluar, kemudian diwaktu yang bersamaa sitokoh tersebut merasa haus. Apa yang dilakukan si tokoh kemudian ? yap, benar si tokoh tersebut meminum air laut. 
Lantas, benarkah air laut dapat menghilangkan rasa haus ? simak penjelasannya berikut ini.

Tubuh kita mengandung air kurang lebih 70%. Memang,tubuh kita mengandung garam. Tetapi dengan kadar tertentu. Air laut mengandung kadar garam yang tinggi. Jika kita minum air laut, tentu kadar garam dalam tubuh menjadi berlebih. Untuk menyeimbangkannya, sistem dalam tubuh bersifat homeostatis, sehingga melalui metabolisme, tubuh akan mengeluarkan garam tersebut dalam bentuk kencing. Akibatnya sel-sel dalam tubuh akan bekerja lebih keras lagi untuk mengeluarkan garam tersebut. Cairan-cairan dalam sel-sel tubuh ikut berdifusi untuk melarutkan garam tersebut. Akan tetapi jumlah garam yang dikeluarkan melalui kencing tadi, jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah cairan yang berdifusi dari sel-sel dalam tubuh. Artinya tubuh lebih banyak mengeluarkan cairan dalam tubuh kita dibandingkan dengan air laut yang kita minum. 

Dengan kata lain, meminum air laut akan membuat jumlah kecing yang kita keluarkan lebih sedikit dibandingkan dengan cairan dalam tubuh kita. Tentunya, tubuh akan mengalami kehilangan cairan yang lebih banyak, sehingga dapat mengakibatkan kita dehidrasi. Justru, dengan meminum air laut kita akan semakin merasa haus. 

Sumber :
Yudono,Doni Aris.2013.Bisakah Kita Meminum Air Laut (online) melalui (http://detektif-fisika
     doni.blogspot.com/2014/04/bisakah-kita-meminum-air-laut-untuk.html, diakses pada 23
     November 2014)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar